Selasa, 26 Juli 2011

Rokok Picu Jantung Koroner di Usia Muda


Penyakit jantung koroner ternyata tidak hanya menyerang orangtua. Saat ini penyakit yang sering menjadi penyebab utama kematian tersebut, mulai menyerang orang dengan usia muda.

Tim Dokter Operasi Bypass Penyakit Jantung Koroner RS Internasional Santosa Bandung, dr Soegeng Njotoprajitno menerangkan, penyebab penyakit jantung koroner tersebut terdiri atas berbagai faktor.

Di antaranya faktor keturunan, penyakit diabetes, darah tinggi, kolestrol, dan gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan sering memakan makanan siap saji (junk food).

"Tren yang berkembang saat ini, penyakit ini telah menyerang orang pada usia muda. Hal ini disebabkan perubahan gaya hidup masyarakat terutama pada usia muda, seperti junk food dan kebiasaan merokok. Pasien yang kami tangani paling muda berusia 29 tahun penyebabnya karena kebiasaan merokok," terangnya kepada wartawan di Rumah Sakit Internasional Santosa Bandung, Jalan Kebonjati Kota Bandung, Rabu (20/7/2011).

Penyakit jantung koroner, kata Soegeng, lebih banyak menyerang laki-laki dibandingkan dengan perempuan, yang masih mengalami mensturasi. Tetapi jika perempuan tersebut, telah memasuki tahap menopause maka risiko terkena penyakit tersebut sama dengan laki-laki.

"Karena saat masih mensturasi, perempuan tersebut memiliki hormon untuk estrogen yang dapat mencegah penyakit jantung termasuk jantung koroner," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer