Selasa, 26 Juli 2011

Pemicu Perempuan Cepat Menoupause


Setiap perempuan pastilah akan mengalami masa yang disebut menopause. Namun belakangan sebuah studi baru menyebutkan satu dari 16 wanita berisiko menopause lebih cepat. Apa penyebabnya?

Para ilmuwan dari Imperial College, London melakukan penelitian terhadap 4.968 wanita Inggris yang berusia 50, hasilnya ditemukan bahwa satu dari 16 wanita berisiko menopause dini.

Nah, berikut beberapa faktor yang menyebabkan perempuan cepat mengalami masa menoupause lebih cepat:

Pergeseran pola makan

Banyak wanita yang mulai meninggalkan makan tempe atau tahu
dan lebih memilih makanan cepat saji yang gizinya tidak seimbang.
Padahal tempe atau tahu tergolong makanan yang banyak mengandung
fitoestrogen, yaitu estrogen nabati yang cukup tinggi.

Jarang olahraga

Banyak orang dengan dalih padatnya kesibukan, mulai enggan
berolahraga. Padahal olahraga itu penting, karena dapat melancarkan
peredaran darah, menyegarkan badan dan membantu produksi hormon dan
menguatkan tulang. Dengan rajin berolahraga diharapkan hormon estrogen
dapat tetap lancar diproduksi oleh tubuh.

Rokok

Studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari Imperial College di London menemukan bahwa bukan pil yang menjadi faktor menopause dini, tapi justru peneliti menemukan hubungannya dengan rokok.

Hal ini mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa hidrokarbon di dalam asap rokok bisa memicu terjadinya kematian sel telur, sehingga sel telur yang dimiliki seseorang menjadi lebih cepat mati yang membuatnya mengalami menopause dini.

“Meskipun ada juga pengaruh genetik, tapi jika ibu mengalami menopause dini belum tentu anaknya juga akan mengalami hal yang sama. Karena POF bisa jadi akibat respons auto imun dari tubuh,” ujar Dr Luciano Nardo, seorang ginekolog dari St Mary’s Hospital di Manchester, seperti dikutip dari Dailymail.

Diet ketat

Selain rokok, diet ketat dan standar perawatan kesehatan yang buruk juga bisa membuat wanita cepat mengalami menopause. "Ada hubungan genetis dalam kasus ini," jelas Ginekolog Dr Luciano Nardo dari Rumah Sakit St Mary, Manchester, seperti dikutip Dailymail.

Meski begitu, menurut Nardo, meski seorang ibu mengalami menopause dini, belum tentu juga hal serupa terjadi pada putrinya. Hanya saja ada hal-hal yang bisa memicu kondisi itu seperti diet ketat dan stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer